Gampong Ujong XII

Oleh: Yusni Tria Yunda, S.Pd.


Ujong XII adalah sebuah nama GAMPONG. Gampong adalah istilah lokal Aceh yang bermakna kewilayahan administratif setingkat Desa ataupun Kelurahan.

Gampong Ujong XII, termasuk ke dalam bagian dari kewilayahan Kecamatan Ingin Jaya, Kabupaten Aceh Besar, Propinsi Aceh.

Sejarah nama gampong ini, menurut sumber lisan yang penulis dapatkan, berawal dari aksi - aksi heroisme dari beberapa pemukim pendahulu, pada zaman Pemerintahan Hindia Belanda bereksistensi, khususnya yang berkedudukan di Lambaro.



Lambaro sendiri, terkini dikenal sebagai Nama Gampong juga, yang sama - sama dengan Gampong Ujong XII  termasuk ke dalam kewilayahan Kecamatan Ingin Jaya, Kabupaten Aceh Besar. Namun, Lambaro lebih dikenal di kalangan masyarakat luas sebagai Nama Pasar Induk, yang tertua dan terbesar di wilayah Aceh.



Di antara Gampong Ujong XII dan Gampong Lambaro terletak Gampong LamPreh.

Berturut - turut dari arah barat ke timur; Gampong Lambaro, Gampong LamPreh, dan Gampong Ujong XII, sama - sama dilintasi oleh batas geografis alami berupa KRUENG Aceh, yaitu Sungai Aceh, di bagian sebelah utara batas kewilayahan gampong - gampong tersebut.

Adapun di sebelah timur Gampong Ujong XII terletak Wilayah Gampong LamTeungoh, kemudian Gampong Lambarih BakMee, kemudian Gampong Lubuk Sukon.Gampong Lubuk Sukon terletak di sebelah utara Krueng Aceh, ya itu setelah menyeberangi Sungai Aceh tersebut.


Gampong Lambaro, Gampong LamPreh, Gampong Ujong XII, dan Gampong LamTeungoh, termasuk ke dalam kewilayahan Kecamatan Ingin Jaya. Sedangkan Gampong Lambarih Bak Mee termasuk ke dalam kewilayahan Kecamatan Suka Makmur.

_____

Beberapa Aktivitas Kemasyarakatan di Gampong Ujong XII;

* Khanduri Blang, November 2023.

* Pembagian Bibit Pohon, November 2023.


. E

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tiga Saudara, Produksi Makanan Ringan di Aceh Besar.